Jumat, 08 Maret 2013

Investasi Jangka Panjang yang Terbaik


Menurut Sunariyah (2003:4): “Investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.” Sementara itu, berinvestasi berarti mengharapkan adanya kenaikan dari nilai uang Anda seiring dengan berjalannya waktu, sehingga akan memberikan keuntungan bagi Anda.


Investasi sendiri ada banyak macamnya, seperti investasi emas, investasi properti, investasi saham, investasi obligasi, investasi valutas asing, investasi pendidikan, dan lain-lain. Untuk jangka panjang, investasi yang menjadi primadona adalah investasi emas, investasi pendidikan. Macam-macam investasi diatas hanyalah investasi yang bersifat duniawi saja. Ada banyak investasi jangka panjang terbaik yang menguntungkam di dunia dan di akhirat kelak, yaitu "Beramal Saleh"

Banyak investasi yang dilakukan oleh seseorag, maka akan banyak pula keuntungan yang dirasakan oleh orang tersebut. Begitu halnya dengan beramal, semakin sering seseorang beramal, maka semakin banyak pula keuntungan yang dirasakan sebagai balasan dari Allah atas perbuatan amalnya.

Sekarang ini banyak sekali orang yang mempunyai rezeki yang lebih kebingungan mencari cara untuk menghabiskan uang-uangnya, tak jarang diantara mereka yang menghambur-hamburkan uangnya, seperti belanja-belanja di mal dengan berlebih, membelikan smartphone kepada putera-puterinya, berjudi, dan lain-lain. Padahal disaat mereka dalam keadaan miskin harta mereka kebingungan mencari uang sambil merengek-rengek kepada Allah untuk diberikan rezeki yang lebih supaya dapat beramal saleh kepada Allah SWT. Ketika mereka sudah kaya raya, mereka malah memboros-boroskan uangnya sebagai bentuk kebingungan mereka terhadap harta-harta mereka, mau diapakan uang sebanyak itu.

Tenang, ada banyak cara menyelesaikan masalah bagi mereka yang ingin menghabis-habiskan harta mereka, yaitu dengan beramal saleh. Sesungguhnya beramal itu adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, tidak menjadi miskin dengan beramal, karena Allah menjaminnya dengan balasan berkali-kali lipat.

Beramal adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan namun dilupakan banyak orang, padahal keuntungannya besar. Tidaklah sulit untuk beramal, maka dari itu berjihadlah kamu di jalan Allah dengan hartamu, niscaya kamu tidaklah rugi dan akan mendapatkan balasan yang berkali-kali lipat dari Allah SWT. Oops tunggu dulu, berjihad itu tidak ada kaitannya dengan teroris, tetapi jihad adalah berjuang di jalan Allah, yang InsyaAllah balasannya Surga.

Wahai orang-orang yang mempunyai rezeki berlebih, amalkanlah, infaqanlah, wakafkanlah belanjakanlah hartamu hanya untuk di jalan Allah, seperti membangun Masjid, menyantuni anak-anak yatim, membangun jalan, mndirikan sekolah Islam, dan lain-lain. Berjihad dengan harta bukan cuma membangun Masjid dan menyantuni anak-anak yatim saja, bisa juga dengan membuka lapangan pekerjaam, InsyaAllah itu adalah amal Jariyah. Daripada berboros-boros di mal, membelikan smartphone untuk putera-puterinya yang dapat berdampak negatif terhadap anak-anak, mendingan beramal deh.

Yuk selama kita masih hidup di dunia, perbanyaklah amal ibadah, harta yang kita miliki bukanlah 100% menjadi milik kita akan tetapi ada hak orang lain juga. Sesungguhnya semua manusia dalam keadaan merugi kecuali orang-orang yang beriman, seperti yang dijelaskan dalam Surat Al-Ashr.

Pembaca yang budiman, semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi dan selalu dirahmati oleh Allah SWT. Aamiin yaa robbala'lamiin. Ingat ! Jangan anggap remeh artikel ini, sesungguhnya saya sudah menyampaikan kepada anda-anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar