Jumat, 16 November 2012

Belilah Produk-produk Indonesia !!!


Mencintai dan Membeli produk-produk Indonesia berarti kamu telah berkontribusi memajukan Indonesia. Dengan Mencintai dan membeli produk-produk Indonesia berarti secara langsung dapat meningkatkan ekonomi Indonesia dan secara tidak langsung dapat menguntungkan diri kamu sendiri. Kenapa demikian ? Untuk memproduksi suatu barang harus memperhatikan pasar dan permintaan. Jika permintaan konsumen atas barang tersebut meningkat, maka produsen juga meningkatkan barang produksinya dan pastinya kebutuhan akan barang baku dan tenaga kerja juga meningkat. Contoh, pabrik pembuatan roti, jika produksi roti meningkat maka permintaan akan bahan baku terigu pun meningkat, jika anda produsen gandum maka pun juga diuntungkan dan petani gandum sebagai bahan pembuat terigua juga diuntungkan. Produksi meningkat dan kebutuhan tenaga kerja juga meningkat, jika anda yang tadinya penikmat roti dari pabrik tersebut kemudian pabrik tersebut mem buka lowongan pekerjaan dan anda melamar pekerjaan disana dan kemudian anda diterima dan mendapatkan posisi dan gaji yang lumayan itu juga menguntungkan anda. Atau anda karyawan pabrik roti tersebut, jika perusahaan roti tempat anda bekerja tersebut mendapatkan untung yang besar karena permintaan meningkat, dan jabatan dan gaji anda dinaikkan, itu juga menguntungkan anda. Jika permintaan akan roti dimasyarakat sangat besar, hal itu akan menjadi daya tarik bagi pengusaha lain untuk berbisnis roti juga. Jadi fenomena ini akan berdampak positif bagi perekonomian suatu negara.


Sama halnya pabrik roti, jika masyarakat Indonesia sudah banyak yang mencintai dan menggunakan produk-produk Indonesia apalagi semakin banyak, maka produksi produsen produk tersebut akan meningkat dan kebutuhan akan bahan baku dan tenaga kerja juga meningkat, apalagi bahan baku dan tenaga kerjanya dari dalam negeri hal itu dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Kalau perusahaan tersebut telah menjadi besar, pastinya ada program-program bantuan dari perusahaan tersebut seperti program beasiswa siswa berprestasi, program penyelamatan lingkungan istilahnya CSR (Corporate Social Responsibility) dan perusahaan tersebut membayar pajak, pastinya penerimaan negara akan bertambah yang akan digunakan untuk pembangunan negara Indonesia. Coba anda pikir, kalau anda sebagai mitra bisnis perusahaan tersebut (misalkan saja perusahaan motor nasional ''Viar'') dan anda sebagai produsen knalpot (suplier knalpot), kemudian Viar Motor tersebut mendapat orderan banyak maka anda juga diuntungkan, karena anda mendapatkan tambahan orderan knalpot produksi anda. Kemudian Viar Motor tersebut membutuhkan beberapa karyawan di bagian marketing lalu putera/puteri anda mendapatkan pekerjaan disana, maka anda juga senang kan ?.

Kalau saya bukan siapa-siapanya, lalu apa untung saya ? Seperti yang saya bilang sebelumnya. Jika perusahaan tersebut telah menjadi besar, maka akan ada CSR yang dia lakukan dan juga membayar pajak untuk pembangunan negara. Kalau CSR nya dibidang penyelamatan lingkungan, maka kerusakan lingkungan akan dicegah. Selain itu, kalau kualitas barangnya bagus dan tidak cepat rusak apalai murah dapat membuat anda senang dan puas.

Tapi kan produk-produk Indonesia jelek, abal-abalan ? Siapa bilang, produk-produk lokal kualitasnya sudah banyak diakui di luar negeri. Contohnya baju militer NATO, seragamnya buatan Bandung loh itu. Apalagi ? Sepatu Nike, Adidas, dan lain-lain. Perusahaan pesawat komersil Eropa, Airbus, mengadakan kontrak dengan PT DI untuk memesan ketiak sayap peswatnya. Lalu knalpot mobil Mercedes-Benz di buat di kota Purbalingga, Jawa Tengah. Panser Anoa panser buatan PT Pindad Bandung telah dipesan dari beberapa negara, ada lagi kapal perang anti radar buatan PT PAL Surabaya, di dunia ini ada 2 negara pabrik pembuat boneka Barbie yaitu di Indonesia di Jawa Barat (tapi tepatnya saya tidak tahu) dan di china. Sebenarnya ada banyak lagi merek-merek asing yang di buat di Indonesia kemudian di beri cap dan di bawa ke negaranya. Buat apa belanja jauh-jauh ke Singapore, orang di sana rata-rata barangnya buatan Indonesia cuma di ganti merek aja. Marilah kita bangga dan jangan gengsi menggunakan barang-barng produk Indonesia, dengan menggunakan produk-produk Indonesia berarti anda telah berkontribusi memajukan negara ini. Barang-barang produksi Indonesia juga ada yang bisa digengsiin looh ... hehehe

Oh iya, inilah merek Indonesia yang terkenal. Polytron, Polygon, Viar, Maspion, Quick Tractor, Bagteria, Advan, Hoka-hoka Bento. Marila ajak anak-anak dan cucu-cucu kamu untuk mencintai Indonesia, Kebudayaan, dan Produk-produknya ! gengsi ah beli barang-barang produk china. Salam Indonesia !!!       I LOVE INDONESIA 100%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar